Rabu, 25 Februari 2009

Iklan Guinness

Iklan Bir Guinness gak melulu menampilkan jualan bir secara hardsell.
Dan bukan pula dengan menciptakan image-image di wanita dan klub malam.
Setidaknya dulu pernah liat iklan bir di Indonesia ditampilkan dengan cara seperti itu.
Iklan Bir Guinness, lebih imajinatif, permainan visual yang menarik dan memorable lah yang disajikan di iklan Bir Guinness ini.
Tagline Guinness sendiri "Good Things Come To Those Who Wait" dimulai pada tahun 1996. Sebagai jawaban atas opini negatif masyarakat tentang lamanya waktu yang dibutuhkan oleh bartender untuk mengisi 1 takaran bir Guiness.

Nah iklan ini pasti dibuat dengan kesabaran luar biasa menggunakan teknik stop motion.
Kalo dipikir-pikir, ongkos produksinya murah, tapi idenya pasti luar biasa mahal.




Nah yang ini, dinobatkan sebagai "Best Ad of All Time" dalam polling yang diadakan oleh Sunday Times and Channel 4 pada tahun 2002. Terinspirasi oleh lukisan "Neptune's Horses karya Walter Crane (1892). Iklan ini disutradarai oleh Jonathan Glazer.



Nah yang satu ini, berjudul "noitulovE". Berasal dari kata Evolution yang dibalik. Disutradarai oleh Daniel Kleinman. Iklan ini mendapatkan setidaknya 30 penghargaan dan mampu meningkatkan penjualan Bir Guinness serta menjadikannya sebagai pemimpin pasar di Inggris.

Minggu, 22 Februari 2009

BUAVITA - FRUITARIAN, Iklan Indonesia dengan Wardrobe Terbaik

Nah ini kan, postingan iklan Indonesia.
Iklan Buavita - fruitarian.
Iklan dengan main Talent Darius Sinathriya dan Nirina Jubir ini adalah iklan dengan wardobe terbaik menurut gue.
Simpel tapi sangat enak dilihat.
Permainan warnanya sangat padu dengan background yang dipilih.

Sabtu, 21 Februari 2009

Bruce Lee main Pingpong.

Gue gak ngerti tulisan di Copy-nya.
Tapi ini promo buat Nokia N96 di Cina.
Yang pasti, di sini lu bisa liat orang make baju
yang dipake bruce lee di film Enter The Dragon.
The famous yellow jumpsuit with black stripes.
Yang dipake Uma Thurman di film Kill Bill juga.
Iklan ini sendiri si hitam putih.
Adegan fantastis-nya adalah si "bruce lee" main ping-pong
pake nunchaku.
Kalo bisa bahasa Cina, ada weblink-nya nih.
http://www.nokia-lee.com.cn/

Perjalanan Hidup Bintang Sepakbola

Iklan sepatu bola Nomis yang berjudul "Damn Boots" ini menceritakan perjalanan
seorang menjadi bintang sepak bola dan kehidupannya setelah populer serta mendapatkan sponsor.
Divisualisasikan dengan gaya satir, betapa sengsaranya si pemain bola karena tidak memilih sepatu yang nyaman.
Iklan ini mendapatkan 1st prize Young Director Awards 2008 yang diselenggarakan oleh The Commercial Film Producers Europe dan majalah Shots.
Selain penghargaan tadi, iklan ini juga mendapatkan dua penghargaan emas di
Gold Film Lions, Cannes Advertising Festival 2008, salah satunya untuk penggunaan musik terbaik.
Director-nya Woof Wan Bau.

Jumat, 20 Februari 2009

Iklan Anti Rokok

Gue peduli banget dengan asap rokok sehubungan dengan anak-anak.
Jadi simpan asap rokok untuk dirimu sendiri.
Bukan buat orang lain, apalagi buat anak-anak.

Missing Children

Rasanya agak nggak enak hati dengan bangsa sendiri, karena yang diposting masih saja iklan luar negeri.
Tapi alasan lain karena iklan dalam negeri kan udah sering kita liat di TV kita sendiri. Nanti, gue akan posting juga iklan lokal.

Ini PSA juga tentang missing children , mencegah anak hilang.
Kalo ngeliat beragam-nya PSA di Amerika, artinya mereka emang concern banget untuk kampanye dan melakukan komunikasi ke masyarakat tentang berbagai macam hal.
Yang satu ini, dibuat dengan sangat bagus, dan teknik sederhana. Biaya juga gak banyak.
Di Indonesia, bikin PSA sering tersandung biaya.
Dan sepertinya ada sedikit atau mungkin banyak keharusan menampilkan sang tokoh di dalam kemasan PSA.
Ya, analoginya kalo di iklan produk ada pack shot, di Indonesia, kalo PSA ada Public Figure Shot.
Public Figure Shot, istilah gue sendiri, hehehe.

Bullying PSA

Anti-Bullying PSA. Bully ini istilah yang ngetop akhir-akhir ini. Tindakannya sendiri sih sebenernya udah dilakukan dari jaman dulu, ngerjain anak yang terlihat lemah di skolah yang biasanya dilakukan bareng-bareng.
Nah, iklan layanan masyarakat ini, ngasi tampilan visual dengan text base berupa data-data hasil riset.
Karena kita tahu, teks/ alphabet juga merupakan unsur visual dalam film.
Jadi inget dulu iklan Kit Kat, yang versi Charlie, C.. C... C...



via videosift.com

Kamis, 19 Februari 2009

Iklan Akal-akalan

Di sini ada yang meributkan Iklan Fren versi Bayar Pake Daun.



Nah, kalo ada iklan kaya gini, gimana ya reaksinya.
Gue si dari iklan ini malah yang paling penasaran, gimana si presentasinya ke klien.
Ini iklan yang dibuat untuk 30 tahun Diesel. 30 tahun diterjemahkan menjadi XXX.
Si Sutradara, Keith Schofield, beneran ngambil dari film bokep dan kemudian di touch up dengan sangat teliti.
Hmmm...., si editor online-nya bakal gak doyan lagi nonton bokep kayanya, hehehe
Asli, ini cerdas banget.

Adidas Break UP Service.

Ini iklan asik banget. Iklan Adidas, yang tidak melulu menonjolkan sepatu, tapi sangat kuat storytellingnya. Si Sutradara, Kosai Sekine, adalah sutradara favorit gue. Dia pernah bikin film judulnya Right Place, yang pernah menang di Adfest dan menang juga di Cannes 2006, untuk Best Short Film di Young Director Awards. Benar-benar berbakat.
KOnsep iklan ini, kaya jasa pengiriman ucapan cinta, tapi yang ini justru jasa pemutusan cinta.

Rabu, 18 Februari 2009

Test your awareness

Ini Iklan Layanan Masyarakat buat perlindungan untuk para pengendara sepeda.
Asik dan lucu karena ngetes kita cukup aware atau tidak dengan gambar-gambar yang ada.



Selasa, 17 Februari 2009

Keeley Hazell - Breast Cancer

Keeley Hazell, the hottest chick FHM ini berbagi kisah dalam sebuah PSA (iklan layanan masyarakat) tentang Kanker Payudara.


PSA Anti Rokok

Ini PSA tentang Anti Merokok
Keren banget
ntar gue posting interpret Director's Treatmentnya.



PSA Safe Sex a la Brokeback Mountain

Ini PSA yang terinspirasi oleh film Brokeback Mountain