Rabu, 25 Februari 2009

Iklan Guinness

Iklan Bir Guinness gak melulu menampilkan jualan bir secara hardsell.
Dan bukan pula dengan menciptakan image-image di wanita dan klub malam.
Setidaknya dulu pernah liat iklan bir di Indonesia ditampilkan dengan cara seperti itu.
Iklan Bir Guinness, lebih imajinatif, permainan visual yang menarik dan memorable lah yang disajikan di iklan Bir Guinness ini.
Tagline Guinness sendiri "Good Things Come To Those Who Wait" dimulai pada tahun 1996. Sebagai jawaban atas opini negatif masyarakat tentang lamanya waktu yang dibutuhkan oleh bartender untuk mengisi 1 takaran bir Guiness.

Nah iklan ini pasti dibuat dengan kesabaran luar biasa menggunakan teknik stop motion.
Kalo dipikir-pikir, ongkos produksinya murah, tapi idenya pasti luar biasa mahal.




Nah yang ini, dinobatkan sebagai "Best Ad of All Time" dalam polling yang diadakan oleh Sunday Times and Channel 4 pada tahun 2002. Terinspirasi oleh lukisan "Neptune's Horses karya Walter Crane (1892). Iklan ini disutradarai oleh Jonathan Glazer.



Nah yang satu ini, berjudul "noitulovE". Berasal dari kata Evolution yang dibalik. Disutradarai oleh Daniel Kleinman. Iklan ini mendapatkan setidaknya 30 penghargaan dan mampu meningkatkan penjualan Bir Guinness serta menjadikannya sebagai pemimpin pasar di Inggris.

2 komentar:

  1. Bang Ari..untuk menghilangkan Navigator yang selalu muncul di atas blog itu. abang bisa kunjungi disini:
    http://indonesiasemangat.blogspot.com/2009/03/menghilang-navigator-di-atas-bolg.html

    BalasHapus